1. Usaha
pembelaan terhadap negara merupakan ….
a.
kewajiban aparat keamanan
b.
kewajiban pemerintah pusat
c.
kewajiban seluruh warga negara
d.
kewajiban pemerintah daerah
2. Cinta
tanah air akan menimbulkan sikap rela berkorban bagi warga negara. Hal ini
berarti seseorang akan ….
a.
melakukan apa saja untuk kepentingan tanah air
dan bangsa
b.
memberikan jiwa raga untuk membela bangsa dan
negara
c.
menyumbangkan harta benda untuk membangun tanah
air
d.
membela tanah air dari serangan musuh jika
diminta
3. Salah satu
bentuk pembelaan terhadap negara dalam kondisi merdeka seperti sekarang dapatdilakukan
dengan cara ....
a.
menghafal Pancasila dan UUD 1945
b.
mempertahankan Pancasila dan UUD 1945
c.
membahas isi Pancasila dan UUD 1945
d.
mengubah isi Pancasila dan UUD 1945
4. Semangat
rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara harus dilandasi ….
a.
tujuan untuk bersatu
b.
tujuan untuk berdamai
c.
tujuan untuk dipuji
d.
tujuan untuk berperang
5. Berikut ini
yang bukan merupakan fungsi negara menurut Montesquieu, yaitu ….
a.
fungsi legislatif
b.
fungsi yudikatif
c.
fungsi federatif
d.
fungsi eksekutif
6. Menurut Montesquieu,
eksekutif memiliki fungsi untuk ….
a.
melaksanakan undang-undang
b.
mengawasi undang-undang
c.
membuat undang-undang
d.
mengubah undang-undang
7. Salah satu
bentuk tugas fakultatif yang dilakukan oleh negara adalah ….
a.
memelihara ketertiban dan ketenteraman
b.
meningkatkan kesejahteraan masyarakat
c.
mempertahankan kemerdekaan negara
d.
menjaga keamanan negara
8. Salah satu
teori fungsi negara adalah teori sosialisme. Teori ini menghendaki ….
a.
adanya campur tangan pemerintah
b.
adanya campur tangan pihak swasta
c.
adanya campur tangan pihak asing
d.
adanya campur tangan individu
9. Salah satu
bentuk ancaman yang harus perlu diwaspadai oleh kita, yaitu ….
a.
perbedaan suku bangsa
b.
jumlah penduduk yang meningkat
c.
meningkatnya kemiskinan
d.
wilayah negara yang terlalu luas
10. Berikut
ini yang bukan merupakan unsur-unsur pembentuk negara, yaitu ….
a.
rakyat
b.
wilayah
c.
undang-undang
d.
pemerintahan yang berdaulat
11. Sikap
bela negara di lingkungan masyarakat dapat diwujudkan dengan cara ….
a.
mempelajari peraturan perundang-undangan yang
berlaku
b.
mengetahui hak dan kewajiban warga negara yang
baik
c.
menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar
lingkungan
d.
saling menghormati antarwarga masya-rakat
12. Sebagai
seorang siswa, bentuk partisipasi yang dapat diberikan dalam usaha pembelaan
ter-hadap negara, adalah ….
a.
ikut serta dalam pelaksanaan wajib militer
b.
melaksanakan kewajiban untuk belajar dengan giat
c.
menaati dan mematuhi norma-norma yang ada pada
masyarakat
d.
mendukung kebijakan pemerintah untukberperang
13. Demi tercapainya
pembangunan nasional, bangsa Indonesia harus memiliki ….
a.
cara pandang nasional yang sama
b.
cara pandang nasional yang berbeda
c.
cara pandang nasional sesuai dengan kepandaian
setiap individu
d.
cara pandang nasional yang menimbulkansikap
anarkis
14. Contoh
perilaku rela berkorban dalam ke-hidup an sehari-hari di lingkungan sekolah adalah
….
a.
mengusahakan ketertiban masyarakat
b.
memelihara kebersihan lingkungan
c.
menjaga keindahan rumah masing-mas-ing
d.
mengusahakan air bersih untuk warga sekitar
15. John
Locke membagi fungsi negara menjadi tiga, di antaranya fungsi federatif yaitu
….
a.
untuk membuat peraturan
b.
untuk melaksanakan peraturan
c.
untuk mengurusi urusan luar negeri
d.
untuk mengawasi pelaksanaan suatu per-aturan
16. Rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara pada masa perkembangan sekarang dapat
diwujudkan dalam perbuatan ….
a.
cinta tanah air
b.
bekerja keras
c.
hormat-menghormati
d.
tolong-menolong
17. Contoh
nilai perjuangan bangsa yang merupakan wujud rasa cinta tanah air, yaitu ….
a.
aktif berjuang melawan penjajah
b.
semangat kepahlawanan tanpa mengenal lelah
c.
rela berkorban dalam mengisi kemerdekaan
d.
mengisi pembangunan dengan berbagai kegiatan
18. Salah
satu bentuk partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan terhadap alam
sekitarnya, yaitu ….
a.
selalu memakai produk hasil produksi dalam
negeri
b.
menjaga keamanan lingkungan sekitarnya
c.
turut serta dalam usaha penghijauan hutan gundul
d.
menjaga kelestarian budaya daerah
19. Sikap
terbaik sebagai warga negara jika terjadi ancaman serius terhadap keselamatan
bangsa dan negara adalah ….
a.
setiap warga negara sipil berjuang di garis
belakang
b.
menolak berjuang karena merupakan tugas TNI
c.
seluruh warga negara ikut serta memikul
d.
tugas kemiliteran tanpa kecuali menyerahkan
sepenuhnya untuk membela negara kepada pemerintah pusat
20. Sikap rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara merupakan kesediaan berjuang ….
a.
tanpa mengharapkan imbalan jasa
b.
agar dikenang sebagai pahlawan
c.
untuk memperoleh tanda penghargaan
d.
demi keharuman nusa dan bangsa
C. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat.
1. Terangkan
fungsi negara menurut Montesquieu dan John Locke.
2. Kemukakan
mengenai tugas negara, baik tugas esensial dan tugas fakultatif, sertakan pula
contoh masing-masing.
3. Uraikan
teori fungsi negara yang kamu ketahui.
4.
Deskripsikan unsur-unsur negara yang kamu ketahui.
5. Menurutmu,
bagaimana jika salah satu unsur negara tidak dimiliki oleh suatu negara?
Dapatkah negara tersebut terbentuk? Kemuka kan alasanmu.
6. Kemukakan
usaha pembelaan terhadap negara yang dapat dilakukan oleh siswa dalam masa
pembangunan.
7. Uraikan
semangat dan sikap yang dapat ditunjukkan dalam usaha pembelaan terhadap
negara.
8. Apa yang
kamu ketahui tentang Wawasan Nusantara? Jelaskan.
9. Menurutmu,
mengapa usaha pembelaan terhadap negara memiliki arti yang penting bagi bangsa
Indonesia?
10. Apa sajakah bentuk partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan terhadap negara.
0 comments:
Post a Comment