TABARRUK SUNNAH VS TABARRUK BID'AH, YUK KITA TABARRUK

TABARRUK SUNNAH VS TABARRUK BID'AH, YUK KITA TABARRUK

Tabarruk atau biasa disebeut ngalap berkah adalah mencari berkah berupa tambahan kebaikan dan pahala dan setiap yang dibutuhkan hamba dalam dunia dan agamanya, dengan benda atau wahyu yang barokah. Tabarruk ini terbagi menjadi dua macam yaitu tabarruk yang syar’i dan yang tidak syar’i.

Tabbaruk dengan sesuatu yang syar’i dan diketahui secara pasti atau ada dalilnya bahwa sesuatu tersebut mendatangkan barokah.

    1. Tabarruk dengan perkataan dan perbuatan: membaca Al Quran, berzikir, belajar ilmu agama dan mengajarkannya, makan dengan berjamaah dan menjilati jari sesudah makan.
    2. Tabarruk dengan tempat: I’tikaf di masjid, tinggal di Mekkah, Madinah atau Syam.
    3. Tabarruk dengan waktu: semangat beribadah di malam Lailatul Qodar, banyak berdoa di waktu sahur.
    4. Tabarruk dengan makanan dan minuman: Meminum madu dan air zam-zam, memakai minyak zaitun, mengonsumsi habatussauda’ (jintan hitam).
    5. Tabarruk dengan zat Nabi shollalohu ‘alaihi wa sallam: berebut ludahnya, mengambil keringatnya, mengumpulkan rontokan rambutnya ketika beliau masih hidup.

Tabarruk yang tidak syar’i atau terlarang yaitu tabarruk yang tidak ada dalil syar’inya atau tidak mengikuti tuntunan syariat.

    1. Tabarruk dengan perkataan dan perbuatan: Sholawat atau zikir yang bid’ah.
    2. Tabbaruk dengan tempat: Ziarah religius ke kubur para wali.
    3. Tabarruk dengan waktu: menghidupkan malam nisfu sya’ban, mengadakan perayaan maulid nabi, Isra’ Mi’raj, Nuzulul Quran dan sebangsanya.
    4. Tabarruk dengan makanan dan minuman: minum sisa kiai, berebut tumpeng sekaten.
    5. Tabarruk dengan benda-benda: mengambil tanah karbala, berebut kotoran “Kyai Slamet”, sabuk supranatural.
    6. Tabarruk dengan zat orang sholih atau peninggalannya: meminum ludahnya atau keringatnya, berebut bekas peci atau bajunya, memilih sholat di tempat orang sholih itu sholat, meminum atau menyimpan sisa air wudhu’ orang sholih, atau dengan menciumi lututnya.

Hendaknya sebagai muslim sejati untuk mengikuti para ulama Ahli Sunnah Wal Jama'ah dengan tidak melakukan perbuatan yang tidak ada tuntunannya dari Rasulullah. Cukup teladani para Salafush Shalih dengan bertabarruk sesuai Sunnah Rasul-NYa.
 · 

0 comments:

Post a Comment

About me

MENUJU MASA DEPAN

Photostream

Blogger templates